[Traveling] Pengalaman Wisata di Taman Safari Cisarua

Liburan lebaran kemarin saya dan keluarga main ke Taman Safari Indonesia yang di Bogor. Keponakan memang pada tertarik banget pengen ke Taman Safari setelah nonton Running Man episode 200. Hehehe. RM 200 kan lokasinya di taman safari dan para member ditambah guest (saat itu Park Ji Sung) dapat mission masing-masing ke beberapa jenis binatang di taman safari. Jadi, berhubung semua episode RM lain di luar Indonesia jadi lumayan sulit buat disamperin, hehe, anak-anak penasaran sama yang ini. Pengen lihat singa laut yang main sama Jihyo, pengen lihat Chelsea orang utan yang jadi misinya SukJin, dan hal-hal semacamnya.

Kami berangkat sekitar jam 6.30 dan alhamdulillah perjalanan cukup lancar jadi cuma 2 jam sampai. Karena masih musim liburan, jadi meskipun masih pagi sampai di sana, udah lumayan padat untuk masuk, antre di tempat bayar tiket.

Harga Tiket Taman Safari

tiket-terusan-saman-safari

Tiketnya Dijadikan Gelang

Harga tiket anak-anak Rp 140.000, dewasa Rp 150.000. Dewasa dihitung mulai umur 6 tahun. Makanya Hana rada ga sreg waktu dihitung 7 dewasa + 1 anak di rombongan kami, soalnya kalau pakai hitungan KTP, cuma ada 4 orang dewasa. Dia ga rela kayanya dihitung sebagai pengunjung dewasa, secara baru mau masuk SD, hehe. Untuk mobil ada biaya tambahan Rp 15.000 untuk biaya parkir di dalam. Setelah bayar, pengunjung akan dapat gelang untuk masing-masing dan satu nota bon. Nah, nota ini penting banget jangan sampai hilang. Cuma semacam kertas struck belanja supermarket tapi pas keluar kertas ini diminta buat bukti udah bayar parkir. Entah kalau hilang gimana urusannya. Gelang dari kertasnya disarankan dipakai, gunanya apa, nanti saya jelasin. Untuk pembayaran bisa cash bisa debet juga, saya lihat sih ada mesin EDC-nya di tempat pembelian tiket.

Safari Journey

Atraksi utamanya Taman Safari itu SAFARI JOURNEY, perjalanan sekitar 45 menit (menurut brosur, hehe) melintasi tempat hewan-hewan bebas berkeliaran. Buat yang baru pertama kaya saya, ini seru banget karena satwa liar itu beneran melintas di sebelah kita dan kita bisa menyentuhnya, kecuali yang buas ya, jangan dicoba. Karena hewan ini pada nyamper-nyamperin pengunjung, sangat saya sarankan persiapan bawa makanan sebelum masuk.

kuda-nil-taman=safari-cisarua

kuda nil aja bisa deket gini

Di taman safari, unta, zebra, rusa, bahkan kuda nil, bisa dekat banget jaraknya sama kita. Bahkan kepala mereka bisa masuk jendela mobil cari makanan. Makanya kalau kita bawa makanan, ini bisa jadi pengalaman menarik, terutama anak-anak. Menurut saya sih, ga usah bawa sayuran dari rumah juga, hehe. Di perjalanan menuju taman safari, banyak penjual wortel dan pisang di pinggir jalan. Sebaiknya beli di situ aja. Saya beli wortel harganya 20.000 dapat 6 ikat, minta ditambahin, eh langsung dikasih 7 ikat, lumayan buat dibagi anak 4. Pas safari journey inilah wortelnya diberikan ke hewan-hewan itu. Kalau masih anak-anak mungkin awalnya takut, karena hewannya ga kecil macam kucing di rumah, zebra gitu loh. Haha.

memberi-makan-zebra-di-taman-safari

Zebra, anyong!

Peringatan: jangan kasih makan wortel ke hewan yang emang ga makan wortel! Intinya, kasih makanan hewan yang boleh dikasih makan aja. Ga usah lemparin wortel ke kandang berang-berang karena mereka ga makan sayur. Ingat. Dan di zona hewan buas, tutup kaca rapat, ga usah coba-coba kasih makanan ke singa dan macan meskipun mereka melintas di samping jendela. Jangan coba kasih makan harimau Bengali pakai tangan seperti yang hampir dilakukan Pi meskipun di taman safari banyak kerabatnya Richard Parker. IYKWIM.

macan-bengali

ini Pi dan Richard Parker yang saya maksud

Fyi, saya baru ngeh kalau di brosur ada tulisan dilarang memberi makan, tapi waktu di dalam, pas safari journey, petugas tidak melarang kita memberi makan hewan selama tidak membuat macet jalan.

Saran: kalau mau ke sana bawa anak-anak, sebaiknya pelajari dulu macam-macam herbivora. Di taman safari, ada banyak banget jenis hewan yang saya aja ga tahu namanya dan anak-anak tanya mulu, itu apa, itu apa. Kalau ibu saya selalu punya jawaban pamungkas β€œbanteng”, β€œkerbau”, padahal mah kayanya bukan. Haha. Kan ada impala, antelop, menjangan, kambing gunung, anoa, dan masih banyak lagi, pelajari dulu deh demi menjaga kredibilitas sebagai orang yang lebih tua. Peace.

Wahana Permainan

Setelah selesai safari journey, mobil diparkir, lalu kami menikmati wahana permainan dan berbagai pertunjukan. Masih ingat tiket kertas yang tadi disuruh pakai jadi gelang? Di sinilah gunanya. Tiket seharga 150.000 tadi itu tiket terusan. Dengan tiket itu, kita bisa main di wahana permainan masing-masing 1x saja. Petugasnya menandai kalau kita sudah naik permainan itu dengan memberi tanda di gelang. Kalau Anda memang ga tertarik naik wahana permainan, ga usah dipakai gelangnya gapapa, ga ada pemeriksaan juga. Kalau tidak salah ada 10 wahana.

Fyi, di sana ada cable car (kereta gantung) dan kereta safari, ini ga termasuk dalam fasilitas tiket terusan. Jadi kalau mau naik, mesti bayar lagi.

wahana permainan taman safari

salah satu wahana permainan

Pertunjukan Edukasi

Selain itu ada pertunjukan edukasi yang rata-rata 2 kali dalam sehari. Misal, pertunjukan singa laut ada di jam 11.30 dan 15.00. Jadi kalau pengen nonton, tinggal cek jam masing-masing show. Ada di brosur yang diberikan saat beli tiket. Pertunjukan hewan ini tidak kalah menarik dengan wahana permainan. Kalau keponakan saya lebih pilih nonton pertunjukan daripada naik mainan. Berhubung rata-rata pertunjukan sudah dimulai sekitar jam 12, jadi saran saya memang masuk taman safari itu dari pagi, karena kalau siang baru sampai, cuma sempat safari journey, ga sempat lihat show ini.

pertunjukan singa laut taman safari

pertunjukan singa laut

Saran: kalau sedang ramai pengunjung, sebaiknya standby di tempat pertunjukan 15-30 menit sebelum dimulai, biar dapat tempat duduk.

[Sampai sekarang masih mengganjal di saya, bagaimana melatih hewan-hewan itu, kalau pakai siksaan, rasanya ga rela menontonnya. Huhu]

Baby Zoo

Jalan turun dari wahana permainan, ada baby zoo, bird aviary, dan satwa tunggang. Baby zoo ini katanya isinya hewan yang masih baby tapi kemarin saya ga lihat mana yang baby selain orang utan, hehe. Di sinilah tempat Kim Jong Kook dan Ji Suk Jin menyelesaikan misinya.

Di baby zoo ada atraksi foto bersama macan, harimau, dan anak orang utan. Sebelum ke taman safari, saya sempat googling dulu dan ketemu beberapa review dari orang-orang luar negeri. Konon, binatang buas yang bisa diajak berfoto ini sudah diberi obat sebelumnya makanya mereka tenang dan koperatif. Banyak ajakan boikot taman safari karena ini. Sedih banget memang pas tahu. Tapi terlepas dari kecacatan yang satu ini, masih banyak edukasi yang taman safari berikan untuk anak-anak. Dan taman safari juga melakukan usaha konservasi lingkungan dan pelestarian hewan. Makanya saya tetap mengizinkan keponakan ke sana. Tapi, sebelum berangkat, saya sudah menyepakati dengan keponakan untuk tidak berfoto dengan harimau atau macan. Saya harap Anda yang baca tulisan ini juga. Semoga kalau masyarakat semua tidak tertarik foto dengan harimau, maka atraksi ini dihentikan, tidak ada lagi harimau yang diberi obat cuma demi selembar foto.

lemur-ekor-cincin-taman-safari

are you king julien?

Buat saya, yang paling menarik di dalam baby zoo adalah lihat lemur mondar-mandir. Yaay! Takjub banget melihat ada saudaranya King Julien dengan cuek melintas dan berlarian di sebelah kita. Mereka ga takut sama manusia gitu. Disarankan sih meskipun mereka terlihat jinak, jangan coba ditangkap atau dipegang, karena mereka bisa menggigit. Bareng dengan lemur, ada juga kanguru. Tapi waktu saya ke sana, kanguru-nya tidak ada yang melintas. Meskipun begitu, tetap saja mereka dekat banget, kita berada dalam satu area dengan mereka.

Bird Aviary

Dekat dari situ ada bird aviary, kandang burung besar banget dengan ribuan (menurut brosur, saya ga hitung, hehe) burung eksotis di dalamnya. Ini juga burungnya terbang-terbangan di atas kepala. Mereka cenderung nurut kalau dikasih makan. Makanya dilarang memberi makan burung dalam sini, karena kalau sudah dikasih makan, burungnya mau kita pegang, mau menclok di bahu, bahkan ga mau pergi karena minta dikasih makan terus.

bird-aviary-taman-safari

burung di bird aviary

Karena ini burung pada bebas dan kita satu kandang dengan mereka, cuma satu hal yang saya khawatiri yaitu ketika mereka ee dan ee-nya kena ke kita. Hiii. Eh beneran kejadian, bapak-bapak di depan saya lagi foto burung di atasnya, burungnya pose sambil ee. Si bapak kena bajunya. Horor ah.

burung-eksotis-taman-safari

cantik tapi ee-nya sembarangan

Taman Rekreasi Lain

Atraksi satwa tunggang adalah jalan-jalan dengan track tertentu naik satwa. Ada gajah, unta, dan kuda poni. Ini ga termasuk dalam tiket terusan, jadi kalau mau naik, harus bayar lagi. Selain itu ada komodo dragon island, saya ga sempat lihat jadi tidak tahu persis. Di bagian atas dari wahana permainan ada kandang penguin (iya, bisa ada penguin di Bogor), cowboy show, primata, dan reptil.

 

Menurut saya, Taman Safari Indonesia ini worth to visit banget. Bahkan berkunjung sekali saja tidak puas, masih banyak yang belum terjelajahi. Kalau memang ada rezeki dan kesempatan, tidak ada salahnya berkunjung ke sana bersama anak-anak, sambil mengenalkan mereka satwa dan alam liar.

3 Comments

  1. Baruna Riotama April 30, 2018
    • pemikirulung May 3, 2018
      • Baruna Riotama May 3, 2018

Add Comment